Sunday, August 27, 2017

42-Kehilangan dan Menemukan

 Volume 3, Buku 42, Nomor 608:
Dikisahkan oleh Ubai bin Ka'b
Saya menemukan sebuah dompet berisi seratus Diners. Jadi saya menemui Nabi (dan memberitahukan kepadanya tentang hal itu), dia berkata, "Buat pengumuman publik tentang hal itu selama satu tahun" Saya melakukannya, tapi tidak ada yang muncul untuk mengklaimnya, jadi saya kembali menemui Nabi yang berkata, " Buat pengumuman publik untuk satu tahun lagi. " Saya melakukannya, tapi tidak ada yang muncul untuk mengklaimnya. Saya mendatangi dia untuk ketiga kalinya dan dia berkata, "Simpan wadah dan senar yang digunakan untuk mengikatnya dan hitunglah uang yang dikandungnya dan jika pemiliknya datang, berikan padanya, jika tidak, gunakanlah." Sub-narator Salama berkata, "Saya bertemu dengannya (Suwaid, seorang sub-narator lainnya) di Mekah dan dia berkata, 'Saya tidak tahu apakah Ubai membuat pengumuman selama tiga tahun atau hanya satu tahun.' "
 Volume 3, Buku 42, Nomor 609:
Dikisahkan oleh Zaid bin Khalid Al-Juhani
Seorang Badui pergi menemui Nabi dan bertanya kepadanya tentang mengambil sesuatu yang hilang. Nabi berkata, "Buat pengumuman publik tentang hal itu selama satu tahun Ingat deskripsi wadah dan senarnya yang dengannya ikatan itu terikat, dan jika seseorang datang dan mengklaimnya dan menjelaskannya dengan benar, (berikan kepadanya); jika tidak, Memanfaatkannya Dia berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimana dengan domba yang hilang?" Nabi berkata, "Itu untukmu, untuk adikmu (pemiliknya), atau serigala." Dia selanjutnya bertanya, "Bagaimana dengan seekor unta yang hilang?" Pada saat itu wajah Nabi menjadi merah (dengan kemarahan) dan berkata, "Anda tidak ada hubungannya dengan hal itu, karena memiliki kaki, cadangan airnya dan dapat mencapai tempat-tempat air dan minuman, dan makan pohon."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 610:
Dikisahkan oleh Sulaiman bin Bilal dari Yahya
Yazid Maula Al-Munba'ith mendengar Zaid bin Khalid al-Juham berkata, "Nabi ditanya tentang Luqata, dia berkata, 'Ingat deskripsi wadahnya dan tali yang diikatnya, dan umumkan di depan umum selama satu tahun. ' "Yazid menambahkan," Jika tidak ada yang mengklaim bahwa orang yang menemukannya dapat membelanjakannya, dan itu dianggap sebagai kepercayaan yang dipercayakan kepadanya. " Yahya berkata, "Saya tidak tahu apakah kalimat terakhir diucapkan oleh Nabi atau oleh Yazid." Zaid lebih lanjut berkata, "Nabi ditanya, 'Bagaimana dengan domba yang hilang?' Nabi berkata, 'Ambillah, karena itu untuk Anda atau untuk saudaramu (yaitu pemiliknya) atau untuk serigala. " Yazid menambahkan bahwa hal itu juga harus diumumkan secara terbuka. Pria itu kemudian bertanya kepada Nabi tentang seekor unta yang hilang. Nabi berkata, "Biarkan, seperti yang ada di kaki, wadah air (waduk), dan itu akan sampai di tempat air dan makan pohon sampai pemiliknya menemukannya."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 611:
Dikisahkan oleh Zaid bin Khalid
Seorang pria datang dan bertanya kepada Rasulullah tentang memilih hal yang hilang. Nabi berkata, "Ingatlah deskripsi wadah dan senar yang diikatnya dengannya, dan buat pengumuman publik tentang hal itu selama satu tahun. Jika pemiliknya muncul, berikan padanya, jika tidak, lakukan apapun yang Anda suka dengannya." Dia kemudian bertanya, "Bagaimana dengan domba yang hilang?"Nabi berkata, "Itu untukmu, untuk adikmu (pemiliknya), atau serigala." Dia selanjutnya bertanya, "Bagaimana dengan seekor unta yang hilang?" Nabi berkata, "Bukan urusanmu, ia memiliki wadah air (waduk) dan kakinya, dan ia akan mencapai air dan meminumnya dan memakan pohonnya sampai pemiliknya menemukannya."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 612:
Diceritakan oleh Anas
Nabi melewatkan sebuah tanggal jatuh di jalan dan berkata, "Apakah saya tidak takut bahwa itu mungkin dari sebuah sadaqa (pemberian amal), saya akan memakannya." Dikisahkan oleh Abu Huraira: Nabi berkata, "Terkadang saat saya kembali ke rumah dan menemukan tanggal jatuh di tempat tidur saya, saya mengambilnya untuk memakannya, tapi saya khawatir itu mungkin dari Sadaqa, jadi saya membuangnya."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 613:
Dikisahkan oleh Abu Huraira
Ketika Allah memberikan kemenangan kepada RasulNya atas orang-orang Mekkah, Rasul Allah berdiri di antara orang-orang dan setelah memuliakan Allah, berkata, "Sesungguhnya Allah melarang berperang di Mekkah dan telah memberi wewenang kepada Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman atasnya, maka pertengkaran adalah ilegal untuk siapa pun sebelum saya, dan dibuat sah untuk saya untuk sebagian hari, dan tidak akan berlaku untuk siapa pun setelah saya. Permainannya seharusnya tidak dikejar, semak berduri tidak boleh dicabut, dan memungut jatuhnya. Hal-hal tidak diperbolehkan kecuali seseorang yang mengumumkan pengumuman untuk itu, dan siapa kerabatnya dibunuh memiliki pilihan untuk menerima kompensasi untuk itu atau untuk melakukan pembalasan. " Al-'Abbas berkata, "Kecuali Al-ldhkhir, karena kita menggunakannya di kuburan dan rumah kita." Rasul Allah berkata, "Kecuali Al-ldhkhir." Abu Shah, seorang Yaman, berdiri dan berkata, "Wahai Rasulullah, tulislah itu untukku." Rasul Allah berkata, "Tulislah itu untuk Abu Shah." (Sub-narator bertanya kepada Al-Auza'i): Apa maksudnya dengan mengatakan, "Tuliskan itu, wahai Rasulullah?" Dia menjawab, "Pidato yang dia dengar dari Rasul Allah."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 614:
Dikisahkan oleh Ibn 'Umar
Rasul Allah berkata, "Seekor binatang tidak boleh diperah tanpa izin dari pemiliknya, apakah ada di antara kamu yang suka seseorang datang ke tokonya dan menghancurkan wadahnya dan membuang makanannya? Arwah hewan adalah toko pemiliknya. di mana persediaan mereka disimpan, jadi tidak ada yang harus meminum hewan dari orang lain, tanpa seizin pemiliknya. "
 Volume 3, Buku 42, Nomor 615:
Dikisahkan oleh Zaid bin Khalid Al-Juhani
Seorang pria bertanya kepada Rasulullah tentang Luqata. Dia berkata, "Buat pengumuman publik selama satu tahun, lalu ingat deskripsi wadahnya dan senar yang diikatnya, gunakan uangnya, dan jika pemiliknya kembali setelah itu, berikan padanya." Orang-orang bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana dengan domba yang hilang?" Rasul Allah berkata, "Ambillah, karena itu untukmu, untuk saudaramu, atau untuk serigala." Orang itu bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana dengan seekor unta yang hilang?" Rasul Allah marah dan pipi atau wajahnya menjadi merah, dan berkata, "Anda tidak mempedulikannya karena memiliki kaki, dan wadah airnya, sampai pemiliknya menemukannya."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 616:
Dikisahkan oleh Suwaid bin Ghafala
Sementara saya seperti di perusahaan Salman bin Rabi'a dan Suhan, di salah satu pertempuran suci, saya menemukan sebuah cambuk. Salah satu dari mereka menyuruh saya untuk menjatuhkannya tapi saya menolak melakukannya dan mengatakan bahwa saya akan memberikannya kepada pemiliknya jika saya menemukannya, jika tidak saya akan memanfaatkannya. Sekembalinya kami melakukan haji dan saat melewati Madinah, saya bertanya kepada Ubai bin Ka'b tentang hal itu. Dia berkata, "Saya menemukan sebuah tas berisi seratus Dinar pada masa Nabi dan membawanya kepada Nabi yang berkata kepada saya, 'Buat pengumuman publik tentang hal itu selama satu tahun.' Jadi, saya mengumumkannya selama satu tahun dan mendatangi Nabi yang mengatakan, 'Umumkan di depan umum untuk tahun yang lain.' Jadi, saya mengumumkannya untuk satu tahun lagi, saya mendatanginya lagi dan dia berkata, "Umumkan untuk tahun yang lain." Jadi saya mengumumkannya untuk satu tahun lagi. Saya mendatangi Nabi untuk yang keempat kalinya, dan dia berkata, 'Ingatlah Jumlah uang, deskripsi wadahnya dan tali yang diikatnya, dan jika pemiliknya datang, berikan padanya, jika tidak, gunakanlah itu. ' "
 Volume 3, Buku 42, Nomor 617:
Dikisahkan oleh Salama
Narasi di atas (Hadis 616) dari Ubai bin Ka'b: menambahkan, "Saya bertemu dengan sub-narator di Mekkah nanti, tapi dia tidak ingat apakah Ka'b telah mengumumkan apa yang dia temukan satu atau tiga tahun lagi."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 618:
Dikisahkan oleh Zaid bin Khalid
Seorang Badui bertanya kepada Nabi tentang Luqata. Nabi berkata, "Buat pengumuman publik tentang hal itu selama satu tahun dan jika seseorang datang dan jelaskan wadah Luqata dan senar yang diikatnya dengannya, jika tidak, habiskanlah itu." Dia kemudian bertanya kepada Nabi tentang seekor unta yang hilang. Wajah Nabi menjadi merah dan dia berkata, "Anda memiliki kepedulian terhadapnya karena memiliki waduk dan kaki airnya dan akan mencapai air dan minum dan makan pohon. Biarkan sampai pemiliknya menemukannya." Dia kemudian bertanya kepada Nabi tentang seekor domba yang hilang. Nabi berkata, "Ini untukmu, untuk adikmu, atau serigala."
 Volume 3, Buku 42, Nomor 619:
Dikisahkan oleh Abu Bakr
Sementara saya dalam perjalanan, tiba-tiba saya melihat seorang penggembala menggerakkan dombanya, saya bertanya siapa pelayannya. Dia menjawab bahwa dia adalah pelayan seorang pria dari Quraish, dan kemudian dia menyebutkan namanya dan saya mengenalinya. Saya bertanya, "Apakah domba-dombamu punya susu?" Dia menjawab dengan tegas. Saya berkata, "Apakah Anda akan susu untuk saya?" Dia menjawab dengan tegas. Aku memerintahkannya dan dia mengikatkan kaki salah satu domba itu. Kemudian saya menyuruhnya membersihkan debu (dot) debu dan menghilangkan debu dari tangannya. Dia melepaskan debu dari tangannya dengan bertepuk tangan. Dia kemudian memerah susu kecil. Aku meletakkan susu untuk Rasul Allah di dalam panci dan menutup mulutnya dengan sepotong kain dan menuangkan air ke atasnya sampai menjadi dingin. Saya membawanya ke Nabi dan berkata, "Minumlah, wahai Rasulullah!" Dia meminumnya sampai aku senang.

No comments:

Post a Comment